Sedikit Cerita

Tentang Kami

Bantuan Kemanusiaan untuk Persaudaraan Umat

Misi Medis Suriah atau MMS diprakarsai oleh kampanye akhi Fathi Nasrullah bin Yazid Attamimi sejak akhir 2011 hingga 2012. Pada saat itu beliau dibantu oleh sekelompok mahasiswa yang merupakan anggota Organisasi Pemuda Al-Irsyad. Mulanya terkoordinasi di bawahnya, tapi kemudian secara perlahan melepaskan diri dan berdiri sendiri.

Fase aktivitas offline MMS mulai dilakukan saat masih di bawah Organisasi Pemuda Al-Irsyad tersebut. Dibantu oleh segenap pengurus dan anggotanya, terutama sekali yang berkedudukan di wilayah Yogyakarta. Mengumpulkan donasi dan mengangkat isu Suriah ke berbagai pihak kaum Muslimin.

Barulah pada sekira bulan Juli/Agustus 2013, dimulai fase online. Ketika seluruh operasionalnya dipusatkan pada satu akun pribadi facebook "Fathi Yazid Attamimi". Saat itu nyaris tidak ada yang membantu kecuali akhi Ikrimah bin Yazid Attamimi yang merupakan adik dari Fathi, yaitu dengan menyediakan sebuah rekening BCA pribadi beliau untuk menampung dana yang masuk.

Tak berapa lama kemudian, mulai berdatanganlah beberapa orang tak dikenal (belum pernah jumpa) yang ikut membantu. Mulai promosi atau menyebarkan informasi, hingga menyediakan rekening bank MANDIRI.

Pada saat masih fase offline (bersama Al-Irsyad), MMS pernah dua kali mengirimkan bantuan, senilai 2 ribu dollar. Yang dititipkan melalui Organisasi KISPA (Komite Solidaritas Indonesia Palestina) pimpinan Ust. Ferry Nur.

Pada saat itu beliau berangkat ke Turki dan menyerahkan bantuan melalui IHH, sebuah lembaga kemanusiaan besar Turki yang dahulu menyelenggara aksi "Freedom Flotila" dengan kapal Mavi Marmara yang sangat terkenal untuk menembus laut Gaza, dan kemudian diserang oleh tentara Israel sehingga menyebabkan para relawannya syahid (Insya Allah).

Kemudian sekali lagi mengirim sekira 1.000 dollar yang dikirimkan via Western Union.

Sejak dimulai fase online, Alhamdulillah dari hitungan kasar telah dikirim sekitar USD 3 juta langsung ke Suriah untuk berbagai program bantuan. Facebook adalah media yang paling dipakai oleh MMS.

Pabrik Roti

Sebuah pabrik roti di Riff Idlib Suriah menghasilkan lebih dari 10 ribu lembar tiap hari

Layanan kesehatan

Tim medis keliling melayani masyarakat Suriah dipimpin Dr. Abu Mushab

Pendidikan

Koalisi Kemanusiaan Indonesia mengelola sekolah tingkat MTs, pondok Al-Qur'an dan Mah'ad Islam untuk anak-anak

Dasar Hukum

MMS beroperasi berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai aturan Universal, serta perundang-undangan atau hukum de facto negara tempat penyaluran bantuan

Penanganan pengungsi

Pengungsi adalah objek utama yang selalu ada di tiap krisis kemanusiaan. MMS mengutamakan pengungsi di dalam Suriah yang lebih jarang terjangkau

Sikap

Al-Wala' wal-Bara', utamakan ikatan solidaritas untuk Muslim dan kemanusiaan umum

Mengedukasi Isu Kemanusiaan Utama di Dunia

Our Partner